CARA ATASI GATAL


CARA ATASI GATAL
Related image

Rasa gatal bisa mengganggu konsentrasi bahkan mungkin membuatmu malu karena terus menggaruk. Karenanya, cari tahu cara menghilangkan gatal yang tepat di sini!
Kulit yang terasa gatal bisa disebabkan oleh ragam alasan, mulai dari gigitan serangga, alergi, kulit kering, hingga penyakit kulit seperti psoriasis. Cara menghilangkan gatal yang benar adalah dengan menyesuaikan penyebabnya.
Namun secara umum, berikut adalah pilihan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa gatal dengan segera.

Mendinginkan Area Kulit yang Gatal dengan Kompres atau Mandi

cara menghilangkan gatal
Mandi dengan air dingin merupakan salah satu cara menghilangkan gatal di badan - dokterbabe

Gatal dapat diredakan dengan sentuhan rasa dingin. Cara melakukannya mudah. Cukup celupkan kain ke air dingin atau bungkus batu es dengan kain kemudian tempelkan pada area kulit yang gatal.
Kompres dingin membantu meredakan iritasi sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Kedua hal tersebut akan mengurangi rasa gatal di kulitmu.
Bila memungkinkan, aliran air dingin juga dapat mengatasi rasa gatal. Kamu bisa mencuci area yang gatal, mandi, ataupun berendam di air dingin. Jika kamu bisa berendam, coba campurkan minyak alami ke bak mandi.
Beberapa minyak alami yang bisa dipilih adalah minyak bunga lavender atau chamomile. Di mana, selain meredakan gatal, kedua minyak ini juga menenangkan.

Menggunakan Aloe Vera

cara menghilangkan gatal dengan bahan alami
Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya untuk membantu meredakan gatal - dokterbabe
Manfaat dari lidah buaya itu sendiri sangat banyak. Bagian gel dari tumbuhan lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat anti radang, anti jamur juga anti bakteri. Sifat-sifat tersebut dapat membantu menghilangkan rasa gatal, terutama bila penyebabnya adalah gigitan nyamuk atau luka bakar.
Cara menggunakannya mudah, cukup potong lidah buaya dan oleskan gelnya ke area yang terasa gatal. Bila kamu sulit menemukan tumbuhan ini, gel lidah buaya dalam kemasan dapat dibeli di apotek.
Tapi, perlu diingat, bahwa gel lidah buaya tidak untuk dioleskan pada kulit yang mengalami iritasi atau luka terbuka.

Menggunakan Baking Soda

cara menghilangkan gatal dengan baking soda
Campuran baking soda dan air dapat menghilangkan gatal - dokterbabe
Baking soda dikenal memiliki sifat antipruritik atau anti gatal. Bubuk ini bisa digunakan untuk mengatasi segala jenis gatal tetapi lebih efektif saat kondisi disebabkan oleh gigitan atau sengatan serangga.
Untuk menggunakannya, kamu bisa berendam dalam air yang dicampurkan dengan baking soda selama 30 menit hingga 1 jam.

Perbanyak Minum Air dan Perhatikan Menu Makanan

perbanyak minum air putih
Perbanyak minum air karena gatal dapat disebabkan karena kulit kering - dokterbabe

Rasa gatal dapat terjadi karena kulit kering. Jadi, untuk mengatasinya kamu bisa minum banyak air agar kulit menjadi lebih lembap. Rekomendasi sehat asupan air mineral per hari adalah 6 hingga 8 gelas atau sekitar 1,5 sampai 2 liter.
Selain itu, perhatikan juga asupan menu makanmu. Di mana beberapa makanan dan minuman seperti sajian pedas, kafein dan alkohol dapat memperburuk kondisi gatal karena bisa berpengaruh pada aliran darah kulit.

Ragam Krim dan Obat untuk Menghilangkan Gatal

obat gatal
Cara menghilangkan gatal dengan salep yang dijual bebas juga bisa kamu lakukan - dokterbabe
Selain cara-cara di atas, tersedia juga beragam obat dan lotion yang dapat menghilangkan rasa gatal. Berikut ragam cara yang bisa kamu pilih

Krim Pelembap

Olesan pelembap akan membantu mengatasi kulit kering sekaligus membuatnya terhidrasi. Agar tidak bingung, berikut saran pelembap yang bisa kamu pilih.
  • Mengandung sedikit bahan kimia untuk menghindari kemungkinan kulit alergi dengan bahan tesebut
  • Tidak mengandung pewangi ataupun alkohol karena keduanya justru dapat memperparah rasa gatal dan membuat kulit lebih kering
  • Lebih baik pilih produk dengan kandungan petroleum jelly yang dapat membantu melembapkan kulit yang teriritasi
  • Memilih pelembap dengan kandungan minyak atau emolien (bahan untuk menghaluskan kulit) bila kulit terasa kering ataupun mengelupas
Kamu juga dapat membuat krim pelembap sendiri. Caranya dengan menghaluskan seperempat alpukat, krim kue (heavy krim), dan satu sendok makan madu bersama-sama.
krim pelembab
Meminum anti histamin dapat membantu meredakan gatal - dokterbabe

Anti-histamin

Bila gatal disebabkan oleh alergi, kamu dapat minum tablet anti histamin. Di mana gejala alergi biasanya disebabkan oleh senyawa histamin di dalam tubuh.
Bila kamu belum pernah mengonsumsinya, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Di mana anti histamin tidak cocok untuk semua orang. Dan perlu dicatat, sebagian besar obat ini menimbulkan efek samping mengantuk.
Selain menerapkan ragam cara menghilangkan gatal di atas, penting di catat untuk hindari menggaruk area gatal. Meskipun tampak logis untuk dilakukan, menggaruk bisa melukai kulit, menyebabkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan, terlebih lagi bila kamu terluka.
Untuk mencegah rasa gatal di kemudian hari, sebaiknya kenakanlah pakaian yang longgar dan nyaman seperti dari bahan katun. Perhatikan juga pilihan deterjen. Kamu disarankan untuk memilih deterjen tanpa pewangi dan mengandung sedikit bahan kimia.
Setelah mengetahui berbagai trik di atas, tidak perlu panik lagi ya saat gatal menyerang!
Sumber : https://www.dokterbabe.com
dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA ATASI GATAL"

Post a Comment