MENGATASI MATA IKAN

MENGATASI MATA IKAN
Image result for penyakit mata ikan

Mungkin hilang dengan sendirinya, mata ikan juga bisa terasa menyakitkan hingga mengganggu aktivitas harianmu, terutama saat berjalan. Karenanya, coba ketahui cara mengobati mata ikan berikut.
Bila terkena mata ikan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Dokter dapat mendiagnosis secara tepat penyebab mata ikan yang terjadi pada dirimu. Setelah mengetahuinya, beberapa pilihan cara mengobati mata ikan berikut mungkin dianjurkan.

Memotong Kulit yang Menebal

cara mengobati mata ikan
Cara mengobati mata ikan yang pertama dilakukan dokter adalah memotong bagian atas kulit yang menebal - dokterbabe
Untuk menangani mata ikan, kulit yang menebal pada kaki bisa dihilangkan. Caranya adalah dengan memotong bagian atas mata ikan menggunakan pisau bedah.
Tetapi ingat, prosedur ini hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis. Jangan mencoba untuk melakukannya sendiri. Di mana kemungkinan terjadi kesalahan lebih besar sehingga bisa menyebabkan infeksi.

Obat-obatan

minum obat dokterbabe.jpg
Bila mata ikan tampak iritasi, obat antibiotik untuk diminum bisa diberikan - dokterbabe
Setelah memotong kulit yang menebal, dokter mungkin akan menempelkan perban atau plester dengan kandungan asam salisilat. Plester ini perlu diganti secara berkala di mana jeda waktu penggantiannya ditentukan oleh dokter.
Asam salisilat sendiri berfungsi untuk melembutkan bagian atas sel kulit mati agar mata ikan lebih mudah dihilangkan. Selain dalam bentuk plester, asam salisilat juga tersedia dalam bentuk gel. Biasanya digunakan bila area mata ikan cukup besar.
Namun penggunaan asam salisilat tidak disarankan bila pasien menderita
  • Diabetes atau masalah dalam peredaran darah
  • Memiliki kulit sensitif
  • Mengalami kulit pecah-pecah di atau sekitar area mata ikan
Pasalnya, pada kondisi di atas, asam salisilat bisa merusak saraf dan kulit di sekitar mata ikan.
Bila mata ikan menunjukkan gejala infeksi seperti kulit meradang, bengkak, dan bernanah, torehan kecil dibutuhkan. Irisan tersebut diperlukan untuk mengeluarkan nanah. Obat minum antiobiotik juga akan diberikan bila mata ikan mengalami infeksi.

Operasi

cara mengobati mata ikan dengan operasi
Operasi mungkin dilakukan bila mata ikan terjadi akibat kelainan struktur kaki - dokterbabe
Bila mata ikan terjadi karena gangguan pada struktur kaki, penggunaan bantalan kaki khusus di sepatu atau operasi mungkin dianjurkan. Operasi bertujuan untuk menyelaraskan tulang-tulang kaki sehingga gesekan penyebab munculnya mata ikan tidak terjadi kembali.

Penanganan Mata Ikan Secara Mandiri

cara mengobati mata ikan sendiri
Kamu bisa mengoleskan pelembap sebagai penanganan mandiri mata ikan - dokterbabe
Untuk mempercepat proses pengobatan di atas, kamu bisa melakukan penanganan mandiri dengan beberapa cara berikut.

Menipiskan Kulit yang Menebal

Kamu dapat menggosok kulit yang menebal akibat mata ikan dengan buffer kuku atau handuk. Cara ini akan membantu menghilangkan lapisan kulit mati yang mengeras sekaligus menghaluskannya. Kamu bisa melakukan cara ini setelah mandi.

Melembapkan Kulit

Kamu juga bisa mengoleskan pelembap untuk menjaga kaki tetap lembut dan halus. Pilihlah krim pelembap yang menghidrasi kulit dan khusus untuk kulit yang menebal.

Merendam Kaki

Selain itu, cobalah merendam kaki di dalam campuran air hangat dan sabun. Cara ini dapat membantu melembutkan mata ikan dan memudahkannya untuk lepas.
rendam-kaki-dokterbabe.jpg
Mata ikan bisa lebih mudah lepas dengan merendam kaki dalam air hangat - dokterbabe

Menggunakan Sepatu dan Kaus Kaki yang Sesuai

Sering disebabkan oleh penggunaan alas kaki dengan ukuran tidak pas, mata ikan dapat diatasi dengan memilih alas kaki yang sesuai. Alas kaki di sini juga termasuk kaus kaki.
Penanganan medis sangat disarankan untuk dipilih sebagai cara mengobati mata ikan. Di mana mata ikan bisa menyebabkan infeksi bila penanganannya kurang tepat.
Jadi, bila mata ikan terasa sakit, segera pergi ke dokter ya! Jangan asal mengobatinya sendiri kalau ingin cepat sembuh!
Sumber : https://www.dokterbabe.com
dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGATASI MATA IKAN"

Post a Comment